Cara set Modem Router TP-Link TD-W8101G sebagai Access Point

20 02 2012

Beginilah caranya agar TP-Link modem router bisa berfungsi sebagai acccess point saja, tidak sebagai modem ADSL.

Image

Pertama reset dulu ke setting default. TP-Link menggunakan IP 192.168.1.1 sebagai IP default dan admin utk username dan password.

Masuk ke tab Interface Setup -> LAN. Dalam contoh ini IP diubah ke 192.168.254.121 (no 1) karena saya menggunakan IP setting tersebut di jaringan lokal saya.

 

Berikutnya set DHCP sebagai “Relay” untuk me-relay IP nantinya (No 2), dan terakhir DHCP Servernnya disesuaikan dengan gateway internet jaringan yang ada (no 3).

End.

About these ads

Actions

Information

24 responses

20 06 2012
damas

TERIMAKASIH PAK…SEMOGA MENDAPAT BALASAN YG BAIK… SDH SY COBA SUKSES

22 06 2012
hwtsai

anytime gan… ada gunanya jg catatan ane…

26 06 2012
Timbul Thambunan

om ini topologynya seperti apa ya..??

dan maksud ip addres tu di isi ip mikrotik apa ip client..??

26 06 2012
hwtsai

topologi standard aja, ga aneh – aneh. cm di hubungkan ke hub/switch biasa aja om. ga ada urusannya dg mikrotik dll. intinya jaringan kabel ud berjalan semua cuman tambahin AP aza.

26 06 2012
Timbul Thambunan

iya bener om semua gak ada urusan ama jaringan kabel tapi tetep aja gak bisa om….knapa yah…???

26 06 2012
Timbul Thambunan

“Dalam contoh ini IP diubah ke 192.168.254.121 (no 1) karena saya menggunakan IP setting tersebut di jaringan lokal saya”
nah ane udah make ip lokal client ane om…
“DHCP Servernnya disesuaikan dengan gateway internet jaringan yang ada”
nah ini ni ip yang mana om sumpah saya bingung banget…

mohon pencerahannya om…

2 07 2012
hwtsai

Lah ente konek ke internrtnya pake apa?

5 07 2012
Culip Gendut

Ane nyoba gan, tplink ane ksih ip 192.168.137.2, konek ke pc ane(terhubung pake lan), lan pc ane kasih 192.168.137.1, nah ane pgn setting gateway tplink supaya ngarah ke 192.168.137.1 gimana caranya. Ceritanya ane pgn sharing internet dari PC ane ke TPlink, biar device laen tgl konek via wifi tplink dan bisa internetan.. Thx gan….

8 07 2012
hwtsai

Sory gan ane belon pernah coba cara gt, jd ga bs ksh komen….

5 07 2012
Culip Gendut

O iya skedar tambahan, ane pake tplink bekas adsl TD-W8101G, internet di PC pake smartfren… Thx..

10 07 2012
rhay

sori gan… dapetin gateway untuk relay’nya ngeliat dimana ya… terima kasih

16 07 2012
Rio

om mw tanya..
sy ad modem TP-link TD-W8101G bekas langganan speedy,skrang ga d pke lagi..
misal saya gunakan untuk sharing internet koneksi bisa tdk?
skrang sy pakai usb modem. Jadi dari koneksi USB modem, akan sy share dengan TP-link TD-W8101G.
jd kira2 topologimya gini
internet-usb modem-PC-TP-link TD-W8101G-client
mohon bantuanya om..terimakasih

5 12 2012
roy

mau tanya nih OM…

modem TP-link TD-w8101G bisa buat narik signal wfI dr luar g Om..?biar sinya Wfi saya lebig bagus.

bgmn caranya Om,,,??

mohon pencerahannya….thx

27 12 2012
hwtsai

maaf om, saya sendiri belon coba :)

8 01 2013
andhikawidi

Waktu masuk ke ip address, tp kok waktu masukan admin pada username dan password tetap tidak bisa masuk ke web nya kenapa ya?

17 01 2013
hwtsai

reset aja mas, mgkin ente lupa uda mengganti password.

13 03 2013
Irfankalong

Gan…klow tp link 8151 n bekas speedy
isa di buat mancarin internet dari komputer tp dari usb modem xl gak gan?
N dapet ip n gateway dapet darimana?
Trims

15 03 2013
hwtsai

Sori gan ane belon pernah coba yg gitu…

26 05 2013
Alterdative medecine degrees

kalau buat wifi rumah begitu settinganya bagaimana?saya gak pakai speedy tapi firstmedia

4 06 2013
hwtsai

itu mah gamppang gan. beli aja router tp-link yg 160rb-an uda bisa. dari firstmedia colokin ke router tsb, beres.

1 11 2013
abin

salam,om tulung pencerahannya dunk :)
dirumah ada 2 modem router tplink td-w8151n dan switch tp link tl-sf1008m nah sy pasang modem A dilantai dua dan modem B di lantai bawah bersama dgn switchnya, modem yg terhubung dgn line telp/speedy modem A,sekarang dilantai dua bisa internetan secara wireless via modem A,sedangkan lantai bawah via switch yang ambil dr port lan modem A msk ke port di switch, namun sy ingin di lantai bawah bisa jg wireless dgn memanfaatkan modem B sebagai AP, kira-kira gimana tuh caranya om…???
terimakasih sebelumnya.

1 11 2013
hwtsai

Maap om ud ikutin cara diatas? Selain itu sih belon coba.

1 11 2013
abin

dah coba namun blom berhasil,sy bingung disini :
” Masuk ke tab Interface Setup -> LAN. Dalam contoh ini IP diubah ke 192.168.254.121 (no 1) karena saya menggunakan IP setting tersebut di jaringan lokal saya.”
masukin/nentuiin ip kita dari mana om???

29 11 2013
nicko

@abin ane coba bantu y.. misal modem A yg terhubung ke speedy di set LAN ip addressnya 192.168.1.1, dhcp server 192.168.1.2-100 (karena klien koneksi pake wireless jd asumsi dhcp server aktif). untuk modem B yang dihubungkan ke switch set ip address LAN 192.168.1.101, setting dhcp relay ke 192.168.1.1 (ip modem A). terakhir set access point di modem B seperti biasa :) cmiiw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: